Haloho, Jumika (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XII RPL 1 SMK NEGERI 1 LUMBANJULU TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 6123111048 COVER .pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
02. 6123111065 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
03. 6123111065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
04. 6123111065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
05. 6123111065 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
06. 6123111065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
07. 6123111065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
08. 6123111065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
09. 6123111065 BAB I.pdf - Published Version
Download (715kB) | Preview
13. 6123111065 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. 6123111065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan penerapan variasi pembelajaran pada siswa kelas XII RPL 1 SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Adapun subjek penelitian adalah kelas XII RPL 1 yang berjumlah 24 orang siswa dengan komposisi laki-laki berjumlah 9 orang dan perempuan berjumlah 15 orang.
Setelah penenlitian dilakukan maka terkumpul data yaitu : (1) Dari hasil tes belajar sebelum mengadakan variasi pembelajaran data awal diperoleh 4 orang siswa (16,67%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 20 orang siswa (83,33%) yang belum tuntas dalam belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menerapkan variasi pembelajaran. (2) Dari tes hasil belajar dengan menerapkan variasi pembelajaran, maka pada siklus I diperoleh data bahwa 11 orang siswa (45,83%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 13 orang siswa (54,17%) yang belum tuntas dalam belajar. Maka melihat masih banyak siswa yang belum tuntas dilakukanlah siklus II. (3) Dari hasi tes belajar pada siklus II maka diperoleh 21 orang siswa (87,5%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 3 orang siswa (12,5%) yang belum tuntas dalam belajar. Dari perolehan data pada data awal, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan yaitu 41,66%.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Passing bawah bola voli pada siswa kelas XII RPL 1 SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 011 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil belajar; Bola Voly |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 05:09 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 05:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21892 |