Marchalfi, Ricky Hazmi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (T.A.I.) UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR DRIBBLING KAKI BAGIAN LUAR DALAM SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA AL-MAKSUM PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6123111074 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 6123111074 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. NIM 6123111074 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4. NIM 6123111074 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM 6123111074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 6123111074 TABLE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 6123111074 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 6123111074 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 6123111074 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
13. NIM 6123111074 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 6123111074 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar Dribbling dengan Kaki Bagian Luar dalam Sepak Bola melalui penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (T.A.I) pada siswa/siswi kelas VIII-3 SMP Swasta Al-Maksum Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa/siswi kelas VIII-3 yang berjumlah sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 21 putra dan 14 putri yang akan diberikan tindakan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeTeamAssistedIndividualization (T.A.I.) terhadap proses belajar Dribbling dengan kaki bagian luar dalam Sepak Bola. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).
Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis : Nilai siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif TipeTeamAssistedIndividualization (T.A.I.)(pre-test)diperoleh 6 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (17,14%), sedangkan 29 siswa belum mencapai ketuntasan belajar ( 82,86%) dengan nilai rata-rata 60,31. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif TipeTeamAssistedIndividualization (T.A.I.). Dari tes hasil belajar siklus 1 diperoleh sebanyak 21 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (60%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang siswa (40%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajarsetelah dikonfersikan adalah 73,96. Dari tes hasil belajar siklus 2 diperoleh data sebanyak 30 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (85,72%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa (14,28%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 84,43. Maka kenaikan nilai klasikal ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 25,72% dengan kenaikan nilai rata-rata mencapai 10,47.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeTeamAssistedIndividualization (T.A.I.) dapat meningkatkan proses hasil Teknik Dribbling dengan Kaki Bagian Luar dalam Permainan Sepak Bola pada siswa/siswi kelas VIII-3 SMPSwasta Al-Maksum Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 PJKR 052 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Sepak bola; Permainan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 03:47 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21881 |