Surani (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA DI SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123141036 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 5123141036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
3. NIM. 5123141036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM. 5123141036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. NIM. 5123141036 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM. 5123141036 TABLES.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
7. NIM. 5123141036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 5123141036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 5123141036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
13. NIM. 5123141036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM. 5123141036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan desain media pembelajaran prezi pada mata pelajaran membuat pola dan 2) mengetahui kelayakan atau efektivitas desai media pembelajaran prezi pada mata pelajaran membuat pola di SMK Awal Karya Pembangunan Galang. Serta media yang layak dan dapat digunakan sebagai pengembangan media pembelajaran baru yang membantu siswa dalam mempelajari mata pelajaran membuat pola.
Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode Research and Development (R&D). Dengan menggunakan tahap atau prosedur yang sudah diadaptasi yang meliputi: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain media dan uji coba. Subjek uji coba penelitian ini adalah 56 siswa kelas X SMK Awal Karya Pembangunan Galang. Desain uji coba ada dua tahap yaitu: uji coba (tahap validasi) dan uji coba produk. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, angket analisis kebutuhan, validator dan angket efektivitas meliputi skala penilaian dengan taknik analisis data menggunakan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media pembelajaran prezi pada mata pelajaran membuat pola ini berhasil dikembangkan melalui beberpa tahapan, yaitu 1) hasil penilaian ahli materi dengan skor rata-rata 83% dengan kriteria “baik” dan hasil penilaian ahli media dengan skor rata-rata 87,14% dengan kriteria “sangat baik”, 2) hasil penilaian uji coba kelompok: uji coba kelompok kecil dengan skor rata-rata 63,3% dengan kriteria “cukup”, uji coba kelompok sedang dengan rata-rata skor 79,25% dengan kriteria “setuju”, dan uji coba kelompok besar atau lapangan 89,25 dengan kriteria “sangat setuju”, 3) uji efektivitas siswa dengan skor rata-rata 89,25% dengan kriteria “sangat setuju” dan uji efektivitas guru dengan skor rata-rata 93,33% dengan kriteria “sangat setuju”. Dengan demikian, desain media pembelajaran prezi pada mata pelajaran membuat pola dianggap layak untuk dijadikan desain media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BSN 032 |
Keywords: | Pengembangan, Media Prezi; Efektivitas Media Prezi; Mata Pelajaran Membuat Pola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 02:44 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21835 |