Pangestika,, Irena Dwi (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN BUSANA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113143020 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 5113143020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
3. NIM. 5113143020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 5113143020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 5113143020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 5113143020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 5113143020 TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 5113143020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 5113143020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
13. NIM. 5113143020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. NIM. 5113143020 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui hasil belajar desain busana dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI Smk Negeri 8 Medan. 2) Untuk mengetahui hasil belajar desain busana setelah menggunakan metode pembelajaran Drill berbantuan video tutorial di kelas XI SMK Negeri 8 Medan. 3) Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh hasil belajar desain busana setelah menggunakan metode pembelajaran Drill di kelas XI SMK Negeri 8 Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan, Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak empat kelas dengan jumlah siswa 140 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan Random Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan kelas secara acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas XI Busana 1 dan XI Busana 2, dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar menggambar proporsi tubuh pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan untuk kelas ekperimen cenderung tinggi yaitu 100%. Dan tingkat kecenderungan hasil belajar menggambar proporsi tubuh untuk kelas kontrol cenderung tinggi 77,78%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 34, diperoleh data hasil belajar menggambar proporsi tubuh kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel (-0,110288 < 0,151) dan kelas kontrol dengan dk = 36, berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel (0,0296644 < 0,147). Uji homogenitas, diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,25 < 1,78. Sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogeny). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 29,60 dan ttabel pada taraf signifikan 0.05 dengan dk = 68 sebesar 1,672. Dengan demikian thitung> ttabel yaitu 29,60 > 1,672. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dilihat bahwa penerapan Metode Drill Berbantuan Video Tutorial baik digunakan di SMK Negeri 8 Medan terutama dalam mata pelajaran desain busana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BSN 034 |
Keywords: | Metode Drill; Berbantuan Video Tutorial; Menggambar Proporsi Tubuh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 02:16 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21828 |