Hutapea, Watul Salim (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGINTERPRETASIKAN GAMBAR TEKNIK DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA PAB 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5123122038. COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
02. NIM. 5123122038. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
03. NIM. 5123122038. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
04. NIM. 5123122038. PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
05. NIM. 5123122038. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
06. NIM. 5123122038. TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07. NIM. 5123122038. ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. NIM. 5123122038. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09. NIM. 5123122038. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
13. NIM. 5123122038. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 5123122038. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata pelajaran menginterpretasikan gambar teknik pada sub bab pandangan, potongan dan penulisan ukuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata pelajaran menginterpretasikan gambar teknik pada sub bab pandangan, potongan dan penulisan ukuran 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 21 siswa (77,77%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 siswa (22,23%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 75,92 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 77,77%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 24 siswa (88,88%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa (11,12%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,46 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88,88%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai dari 21 siswa yang tuntas pada siklus I bertambah sebanyak 3 siswa pada siklus II menjadi 24 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 6 siswa yang tidak tuntas pada siklus I menjadi 3 siswa pada siklus II. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa pada sub bab pandangan, potongan dan penulisan ukuran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 020 |
Keywords: | Hasil Belajar; Menginterpretasikan Gambar Teknik; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 01:17 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 01:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21821 |