Panjaitan, Bintoro Rooy Yunus Sanjaya (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM BAHAN BAKAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS X TKR SMK SWASTA TELADAN MEDAN T. A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113122006 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 5113122006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5113122006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM. 5113122006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM. 5113122006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 5113122006 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5113122006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5113122006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5113122006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
13. NIM. 5113122006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 5113122006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sistem Bahan Bakar mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Swasta Teladan Medan tahun ajaran 2015/2016. Teknik Dasar Otomotif merupakan salah satu program mata diklat pada pendidikan kejuruan program studi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Bahan Bakar pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Swasta Teladan Medan terdiri dari 30 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Bahan Bakar mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Swasta Teladan Medan. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yakni 60% pada siklus I dan 76,67% pada siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 72,89 pada siklus I dan 81,17 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 023 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe;, Hasil Belajar Siswa; Sistem Bahan Bakar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 01:13 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 01:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21820 |