Ginting, Adithia R.S (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113122001 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 5113122001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
3. NIM. 5113122001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 5113122001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 5113122001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 5113122001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 5113122001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 5113122001 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 5113122001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
14. NIM. 5113122001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM. 5113122001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar Sistem Bahan Bakar Bensin pada siswa kelas XI
Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Perbaungan tahun ajaran 2016/2017.
Sistem Bahan Bakar Bensin merupakan salah satu program mata diklat pada
Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Melalui tindakan berupa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement
(STAD), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Bahan Bakar
Bensin pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang dilaksanakan
dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan
pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan
tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah
siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Perbaungan terdiri dari 34 orang.
Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pilihan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe Student Team Achievement (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Sistem
Bahan Bakar Bensin pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK
Negeri 1 Perbaungan. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase
ketuntasan belajar secara klasikal yakni 64,71% pada siklus I dan 79,41% pada
siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 74,90 pada siklus I dan
82,05 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 028 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ; Hasil Belajar Siswa; Sistem Bahan Bakar Bensin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 08:31 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21808 |