Nainggolan, Yogie Hardyasi G. (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COMPACT DISC TUTORIAL (CD-T) PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI TEORI DASAR ELEKTRONIKA (MTDE) DI KELAS X SMK SWASTA BANDUNG-2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 509 131 040 COVER.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
02. NIM 509 131 040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
03. NIM 509 131 040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
04. NIM 509 131 040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
05. NIM 509 131 040 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
06. NIM 509 131 040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
10. NIM 509 131 040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
11. NIM 509 131 040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis Compact Disc Tutorial (CD-T) dalam pembelajaran Memahami Teori Dasar Elektronika (MTDE) di Kelas X SMK Swasta Bandung-2 Medan dan (2) apakah pengembangan media pembelajaran berbasis Compact Disc Tutorial (CD-T) efektif terhadap Memahami Teori Dasar Elektronika (MTDE). Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian pengembangan. Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mutu pembelajaran Memahami Teori Dasar Elektronika (MTDE) yang dirancang dalam bentuk pengembangan bahan ajar berbasis Compact Disc Tutorial (CD-T). Produk pengembangan media pembelajaran interaktif memerlukan validasi dalam rangka evaluasi formatif. Validasi tersebut diperoleh dari para subjek yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan pemakai produk yaitu siswa kelas X program keahlian Teknik Audio Video (TAV) SMK Swasta Bandung-2 Medan. Instrumen pengumpulan data pada pengembangan ini berupa angket penilaian yang diadaptasi dari instrumen kelayakan media pembelajaran interaktif yang telah dirancang oleh Sriadhi (2014). Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari sebaran angket dan data kualitatif berupa uraian saran dan masukan tertulis oleh responden sebagai data tambahan. Berdasarkan data hasil validasi ahli materi yang meliputi aspek panduan informasi dan konten bahan ajar diperoleh rata-rata skor hasil penilaian sebesar 4,40 dengan kategori sangat layak. Selanjutnya data hasil validasi ahli media yang meliputi aspek panduan informasi, penggunaan coursware dan kualitas estetika paparan diperoleh rata-rata skor hasil penilaian sebesar 4,25 dengan kategori sangat layak. Selanjutnya data hasil uji coba yang dilakukan terhadap 3 (tiga) orang siswa diperoleh rata-rata skor hasil penilaian sebesar 4,45 dengan kriteria sangat layak. Secara keseluruhan hasil validasi uji coba pengembangan media pembelajaran interaktif ini memperoleh penilaian sangat layak yang berarti bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Memahami Teori Dasar Elektronika (MTDE) layak digunakan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kompetensi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 071 |
Keywords: | Hasil belajar; Tujuan belajar; Media pembelajaran; Compact disc tutorial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 07:43 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21797 |