Falevi, Reza Agam (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA SISWA KELAS XI TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK DI SMK SAWASTA BUDHI DARMA INDRAPURA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 509331031 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
02. NIM 509331031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
03. NIM 509331031 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
04. NIM 509331031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
05. NIM 509331031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
06. NIM 509331031 TABLE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
07. NIM 509331031 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
08. NIM 509331031 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
09. NIM 509331031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
13. NIM 509331031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM 509331031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Instalasi Motor Listrik pada pokok bahasan yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas XI Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Swasta Budhi Darma Indrpura tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Swasta Budhi Darma Indrapura tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TPTL yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen (kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah kelas XI TPTL 1 yang berjumlah 30 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol (kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori) adalah kelas XI TPTL 2 yang juga berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 2 pertemuan. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan Instalasi Motor Listrik yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki skor rata-rata 21,43 sedangkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori memiliki skor rata-rata 17,13. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Ekspositori pada pokok bahasan Instalasi Motor Listrik di kelas XI SMK Swasta Budhi Darma Indrapura Tahun Ajaran 2015/2016, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung> ttabel yaitu 7,314>1.672.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 070 |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Problem based learning; Ekspositori; Instalasi motor listrik; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 07:38 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21795 |