Rangkuti,, Dini Amalia (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN ROK SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5111543002 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5111543002 LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (830kB) | Preview
3. NIM. 5111543002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 5111543002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM. 5111543002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 5111543002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 5111543002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 5111543002 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 5111543002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
10. NIM. 5111543002 BAB I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
14. NIM. 5111543002 BAB V.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
15. NIM. 5111543002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Rok Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Tata Busana Kelas X yang berjumlah 2 Kelas dengan jumlah siswa 50 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X Busana 5 yang berjumlah 25 siswa dan X Busana 6 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar pemmbuatan rok lipit hadap dalam penelitian ini menggunakan pengamatan pada pembuatan rok lipit hadap. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 25 orang yang diajar menggunakan media pembelajaran video tutorial menunjukkan rata-rata hasil yaitu 22,12. Sedangkan hasil belajar kelas yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran video tutorial 18,8. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran hasil belajar pembuatan rok yang diajar menggunakan media pembelajaran video tutorial adalah berdistribusi normal dimana 0,0281<0,0346dan data hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran vudeo tutorial adalah berdistribusi normal dimana, 0,0075>0,0346 dan kedua varians data adalah homogeny karena fhitung<ftabelyaitu 1,29<1,78.
Dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial lebih baik jika dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran video tutorial dimana hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel yaitu 8,512 > 1,676 dengan kata lain penelitian Ha pada penelitian terdapat “Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Rok Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Tebing Tinggi di terima”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKK 017 |
Keywords: | Media Video Tutorial; Hasil Belajar; Pembuatan Rok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 04:26 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21784 |