Sigalingging, Susilawati (2016) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENGGAMBAR PROPORSI ILUSTRASI MODE MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103341037 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 5103341037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM. 5103341037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 5103341037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 5103341037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 5103341037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 5103341037 TABLES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. NIM. 5103341037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 5103341037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13. NIM. 5103341037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM. 5103341037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kesulitan belajar menggambar proporsi
ilustrasi mode pada pelajaran desain busana siswa kelas XI smk Negeri3 tebing tinggi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas XI-7 yang berjumlah 30 orang siswa tatabusana SMK
Negeri 3 tebng Tinggi. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling maka
sampel diambil dari sebagian siswa kelas XI. Data penelitian ini di jarring dengan
menggunakan pengamatan kesulitan belajar yang di hadapi siswa pada mata pelajaran desain
busana.
Hasil penelitian ini menunjukan kesulitan dalam menggambar proporsi ilustrasi mode
sikap tubuh ¾ pada siswa kelas XI tata busana smk negeri 3 tebing tinggi untuk indikator
menggambar proporsi tubuh dengan perbandingan 10 ½ x Tinggi Kepala diperoleh mayoritas
siswa memperoleh skor 4 sebanyak 17 siswa (56,7%), letak titik tumpu kepala diperoleh
mayoritas siswa memperoleh skor 4 sebanyak 18 siswa (60%), lebar kepala diperoleh
mayoritas siswa memperoleh skor 3 sebanyak 11 siswa (36,7%), menggambar letak titik
tumpu dagu diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh skor 3 sebanyak 14 siswa
(46,7%), tumpu leher diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh skor 3 sebanyak 13
siswa (43,3%), tumpu bahu diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh skor 3 sebanyak
13 siswa (43,3%), letak dada diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh skor 3 sebanyak
13 siswa (43,3%), letak titik tumpu pinggang diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh
skor 3 sebanyak 11 siswa (36,7%), letak titik tumpu siku diperoleh bahwa mayoritas siswa
memperoleh skor 2 sebanyak 14 siswa (46,7%), letak titik tumpu panggul diperoleh bahwa
mayoritas siswa memperoleh skor 2 sebanyak 19 siswa (63,3%), lebar panggul diperoleh
bahwa mayoritas siswa memperoleh skor 3 sebanyak 14 siswa (46,7%), pergelangan tangan
diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh skor 2 sebanyak 16 siswa (53,3%), letak ujung
jari tangan diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh skor 2 sebanyak 20 siswa (66,7%),
letak paha diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh skor 2 sebanyak 13 siswa (43,3%),
menggambar letak lutut diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh skor 2 sebanyak 17
siswa (56,7%), letak betis diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh skor 2 sebanyak 18
siswa (60%), letak tumit diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh skor 2 sebanyak 16
siswa (53,3%), letak ujung jari kaki diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh skor 4
sebanyak 18 siswa (60%), kerapian gambar diperoleh bahwa mayoritas siswa memperoleh
skor 3 sebanyak 15 siswa (50%), Berdasarkan hasil rekapitulasi nilai rata-rata seluruh
indikator diperoleh diperoleh skor rata-rata paling tinggi terdapat pada indikator ke 2 yaitu
indikator Lebar Titik Tumpu Kepala dengan skor rata-rata 3,50 sedangkan skor yang paling
rendah terdapat pada indikator ke 11 yaitu letak ujung jari tangan dengan skor rata-rata 2,30.
Secara keseluruhan kesulitan menggambar Proporsi Ilustrasi Mode Sikap Miring ¾ yang
diperoleh sebesar 2,84 dikategorikan cukup
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKK 014 |
Keywords: | Desain Busana; Rangka Tubuh; Menggambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TS Manufactures > TS1300 Textile industries |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 04:22 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21783 |