Lestari,, Hidny (2016) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBUAT UKIRAN MOTIF HIAS TRADISIONAL PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IX SMP SWASTA HANG TUAH-1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5113143017 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM.5113143017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
3. NIM.5113143017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM.5113143017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM.5113143017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM.5113143017 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM.5113143017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM.5113143017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM.5113143017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
13. NIM.5113143017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. NIM.5113143017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kemampuan Membuat Ukiran Motif Hias Tradisional Pada Mata Pelajaran Keterampilan Siswa Kelas IX SMP Swasta Hang Tuah-1 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu teknik pengumpulan data berupa angka atau nilai untuk mengetahui Kemampuan Membuat Ukiran Motif Hias Tradisional Pada Mata Pelajaran Keterampilan Siswa Kelas IX SMP Swasta Hang Tuah-1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP di SMP Swasta Hang Tuah-1 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proposional Random Sampling yang berjumlah 46siswa.
Data penelitian ini dijaring melalui lembar pengamatan untuk Analisis Kemampuan Membuat Ukiran Motif Hias Tradisional Pada Mata Pelajaran Keterampilan Siswa Kelas IX SMP Swasta Hang Tuah-1 Medan. Berdasarkan hasil uji kesepakatan pengamat pada Kemampuan Membuat Ukiran Motif Hias Tradisional ditemukan bahwa Fo=-56,37 dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% dan dk = 4 : 225, diperoleh Ftabel= 2,41, sehingga diketahui Fo< Ft (-56,37< 2,41). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima observer (pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang Kemampuan Membuat Ukiran Motif Hias Tradisional dapat digunakan untuk menjaring data penelitian.
Dalam penelitian ini digunakan rumus identifikasi tingkat kecenderungan variabel penelitian. Hasil penelitian ini memiliki tingkat kecenderungan tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa : (1) Jarak Penempatan Motif memiliki nilai rata-rata (mean) sebesar 2,78, (2) Ukuran Bentuk Bingkai Setengah Lingkaran memiliki nilai rata-rata (mean) sebesar 2,82, (3) Kedalaman Ukiran Motif memiliki nilai rata-rata (mean) sebesar 2,79, (4) Kedalaman Ukiran Motif 7 Mata Sula memiliki nilai rata-rata (mean) 2,68, (5) Jumlah Motif 7 Mata Sula memiliki nilai rata (mean) 3,02, (6) Kerapian Ukiran memiliki nilai rata-rata (mean) 2,68, (7) Kebersihan Dari Noda memiliki nilai rata-rata (mean) 2,61, (8) Kebersihan Dari Sisa-sisa Potongan Sabun memiliki nilai rata-rata (mean) 2,46.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKK 012 |
Keywords: | Motif Tradisional Melayu; Desain; Ukiran Sabun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NB Sculpture > NB1160 Designs and technique |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 04:17 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21782 |