Ramadhani, Putri (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMBERIAN HADIAH TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5113341023 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM.5113341023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM.5113341023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
4. NIM.5113341023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM.5113341023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
6. NIM.5113341023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM.5113341023 TABLES.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
8. NIM.5113341023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM.5113341023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
13. NIM.5113341023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
14. NIM.5113341023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yang bertujuan untuk mengetahui kecenderungan hasil belajar prakarya siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan baik yang diberikan motivasi dengan pemberian hadiah maupun tanpa diberi hadiah. Kemampuan yang diteliti adalah kemampuan membuat kerajinan jam dinding yang terbuat dari bahan keras alami dengan tingkat motivasi belajar dikategorikan pada kategori motivasi tinggi dan rendah.
Metode pada penelitian ini bersifat kuasi eskperimen karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen. Desain penelitian ini dipilih dua kelas sampel sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jumlah sampel pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 35 siswa yang dipilih berdasarkan kelas populasi yang dilakukan secara sampling purposive, dimana penentuan kelas sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu.
Berdasarkan deskripsi dan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Data hasil penelitian angket motivasi belajar prakarya pada kelas eksperimen, rata-rata skor (M) sebesar 103,658 dan standar deviasi (SD) sebesar 4,2825, sedangkan motivasi belajar prakarya pada kelas kontrol, rata-rata skor (M) sebesar 96,8285 dan standar deviasi (SD) sebesar 3,9775. 2) Hasil belajar pembuatan jam dinding dari bahan keras alami pada kelas eksperimen, rata-rata skor (M) sebesar 94,11 dan standar deviasi (SD) sebesar 2,958, sedangkan hasil belajar pembuatan jam dinding dari bahan keras alami pada kelas kontrol, rata-rata skor (M) sebesar 73,74 dan standar deviasi (SD) sebesar 2,737. 3) Hasil belajar pembuatan jam dinding dari bahan keras alami dengan pemberian hadiah berada pada tingkat kecenderungan kategori sangat baik (82,86%). 4) Hasil belajar pembuatan jam dinding dari bahan keras alami dengan tanpa pemberian hadiah berada pada tingkat kecenderungan kategori kurang (57,14%). 5) Hasil pengujian hipotesis penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dengan pemberian hadiah terhadap hasil belajar prakarya siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan, dengan hasil pengujian hipotesis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 PKK 011 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Pemberian Hadiah; Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 04:12 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21781 |