Syahnan, Reza (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA (MTDE) PADA SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 509431010 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
02. NIM 509431010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
03. NIM 509431010 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
04. NIM 509431010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
05. NIM 509431010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
06. NIM 509431010 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
07. NIM 509431010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
08. NIM 509431010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
12. NIM 509431010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 509431010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Inquiri terhadap hasil belajar menguasai teori dasar elektronika pada siswa kelas X teknik audio video SMK Negeri 2 Panyabungan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK Negeri 2 Panyabungan Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 24 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 25 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (48,33) dengan standar deviasi 9,35 dan skor rata-rata di kelas kontrol (47,16) dengan standar deviasi 10,81. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan strategi inquiri dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran menggunakan strategi ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (83,66) dengan standar deviasi 7,45 dan kelas kontrol (79,33) dengan standar deviasi 8,14. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 1,93 dan ttabel = 1,68. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu Strategi Pembelajaran Inquiri memberikan hasil belajar pada pelajaran menguasai teori dasar elektronika yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan strategi ekspositori pada siswa kelas X TAV SMK Negeri 2 Panyabungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 068 |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Pembelajaran inkuiri; Pembelajaran ekspositori; Teori dasar elektronika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 09:05 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21771 |