Lubis, Nur Rahmadhany (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF QUESTIONS STUDENTS HAVE DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 509311025 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 509311025 Surat Pernyataan, Pengesahan, Persetujuan.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
3. NIM 509311025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM 509311025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM 509311025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. NIM 509311025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7. NIM 509311025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
8. NIM 509311025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
9. NIM 509311025 BAB I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM 509311025 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM 509311025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan siswa kelas X di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 4 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2015/ 2016 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan.
Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran dalam penelitian ini, terjadi peningkatan partisipasi belajar siswa yaitu siklus pertama 8 dari 12 siswa berpartisipasi (66,67%) meningkat menjadi 11 dari 12 siswa berpartisipasi (91,67%) pada siklus kedua. Dan selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi, dengan rata-rata nilai 73,96 pada siklus pertama meningkat menjadi 81,5 pada siklus kedua.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have (QSH) dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Bahan Bangunan (IBB) pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 4 Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 045 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Aktif Questions Students Have; Partisipasi; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 09:06 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21770 |