Febrina, Siti Aisyah (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) DAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TIPTL SMK NEGERI 1 STABAT PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113331030 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 5113331030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
3. NIM. 5113331030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 5113331030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
5. NIM. 5113331030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 5113331030 TABLES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM. 5113331030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM. 5113331030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 5113331030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM. 5113331030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 5113331030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CAI (computer asissted instruction) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yaitu metode eksperimen dengan desain simple factorial. Yang menjadi subjek penelitian yaitu siswa kelas XI TIPTL SMK Negeri 1 Stabat sebanyak 29 orang yang dibagi menjadi kelompok yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori dan kelompok lain yaitu yang diajar dengan model pembelajaran CAI. Dari kelompok ini lalu dibedakan lagi berdasarkan kemampuan menggambar yaitu kemampuan menggambar tinggi dan kemampuan menggambar rendah. Pengujian hipotesis menggunakan uji anava dua arah. Setelah dilkukannya perhitungan uji hipotesis dengan uji anava dua arah, diperoleh bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CAI dan model pembelajaran ekpositori dimana FA sebesar 347,8 lebih besar dari Fhitung yaitu 4,02, adanya perbedaan perbedaan hasil belajar siswa yang berkemampuan tinggi menggambar dengan siswa yang berkemampuan rendah menggambar dengan FB sebesar 122,6 lebih besar dari Fhitung yaitu 4,02, dan adanya interaksi antara kemampuan menggambar siswa dengan model pembelajaran yang digunakan dengan FAB = FC sebesar 8,47 lebih besar dari Fhitung yaitu 4,02. Dari hasil yang diperoleh, menunjukkan bahwa model pembelajaran CAI dan kemampuan menggambar mempengaruhi hasil belajar siswa. Model pembelajaran CAI lebih baik dari model pembelajaran ekspositori, dimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CAI lebih tinggi hasil belajarnya daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Kemampuan menggambar siswa turut mempengaruhi hasil belajar siswa, dimana siswa kemampuan menggambar tinggi lebih baik hasil belajarnya daripada siswa kemampuan menggambar rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 046 |
Keywords: | Model pembelajaran CAI; Hasil belajar siswa; Adobe flash CS3; Instalasi penerangan listrik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 09:01 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21769 |