Alfatahillah (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 LANGSA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 509111005 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 509111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (937kB) | Preview
3. NIM 509111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM 509111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM 509111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 509111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM 509111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM 509111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM 509111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
13. NIM 509111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 509111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model
pembelajaran koopertif tipe Make a Match dapat meningkatkan Aktivitas siswa
pada mata diklat Kewirausahaan? (2) Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas
dan hasil belajar Kewirausahaan dengan penerapan Model Pembelajaran Make a
Match pada siswa kelas X Program keahlian teknik gambar bangunan SMK
Negeri 2 Langsa.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan
perencanaan\, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X Program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2
Langsa sebanyak 36 orang. Data penelitian diambil dari tes kognitif dan lembar
pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan
Model Pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar
siswa. Peningkatan ini dapat dilihat pada dua siklus pembelajaran yang
berlangsung di kelas. Peningkatan aktifitas belajar siswa pada siklus I yaitu 30.56
% menjadi 72.64% pada siklus II. Dan peningkatan hasil belajar Siklus I yaitu
63,89 % menjadi 88,89% pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model
Pembelajaran Make a Match 1) meningkatkan aktivitas belajar Kewirausahaan 2)
meningkatkan hasil belajar Kewirausahaan pada siswa kelas X Program Keahlian
Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Langsa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 071 |
Keywords: | Hasil Belajar; Kewirausahaan; Model Pemelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 07:36 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21753 |