Rozi, Fahrul (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TGB SMK N 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113111014 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 5113111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (842kB) | Preview
3. NIM 5113111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 5113111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM 5113111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
6. NIM 5113111014 TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM 5113111014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 5113111014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 5113111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
13. NIM 5113111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
14. NIM 5113111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran creative problem solving di banding menggunakan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik pada kelas X Program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu, dimana subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TGB, dimana sampel penelitian diambil dengan teknik Random Sampling. Siswa pada kelas X TGB- A (kelas Eksperimen) dan X TGB-B (kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, yang meliputi tes objektif . Tes objektif dilakukan Sebelum penelitian ini dilaksanakan instrument penelitian terlebih dahulu di uji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas digunakan rumus korelasi biserial dan uji reliabilitas digunakan rumus K-R20. Instrumen tes hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir tes yang di ujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar . Dengan tingkat kecendrungan pada kelas eksperimen Tinggi dimana F.Absolut 26 dan F.Relatif 72,22% dan pada kelas kontrol dengan tingkat kecendrungan cukup dimana F.Absolut 19 dan F.Relatif 52,77%. Hasil penelitian meliputi uji homogenitas diperoleh Fhitung = 0,91 dan Ftabel = 1,79 dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok mempunyai varians yang sama. Sedangkan berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata (uji t), dengan nilai rata-rata pre test kelas eksperimen 65,00 dan pada kelas kontrol 64,11. Sedangkan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen 80,11 dan pada kelas kontrol 72,00. Sehingga didapatkan nilai thitung sebesar 4,67. Nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel yang sebesar 2,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 048 |
Keywords: | Creative Problem Solving; Hasil Belajar; Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 07:30 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21752 |