Rambe, Tamba Tua (2016) HUBUNGAN LINGKUNGAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENERAPKAN GAMBAR DASAR TEKNIK SISWA KELAS X KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 5111111007 COPER .pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
NIM. 5111111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
NIM 5111111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM 5111111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM 5111111007 FREPACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
NIM 5111111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
NIM 5111111007 ILUSTRASION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM 5111111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM 5111111007 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
NIM 5111111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
NIM 5111111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya Hubungan yang
positif dan berarti antara Lingkungan Dengan Kemandirian Belajar siswa kelas X
mata Pelajaran Menggambar Dasar Teknik SMK N 1 Lubuk Pakam, 2) Adanya
Hubungan yang positif dan berarti antara Kemandirian Belajar Dengan hasil
belajar siswa Kelas X Mata pelajaran menggambar dasar teknik SMK Negeri 1
Lubuk Pakam, 3)hubungan yamng positif dan berarti antara lingkungan dan
kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran
menggambar dasar teknik SMK N 1 Lubuk Pakam.
Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu
diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan
daya pembeda soal. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan 1).
Terdapa hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan Belajar Dengan
Hasil Belajar Menggambar Teknik Dasar siswa keahlian Gambar Bangunan SMK
N 1 Lubuk Pakam. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang
memberikan hasil nilai rx1y>rtabel = 0,303 > 0,249 dan korelasi parsial ry1.2 > rtabel =
0,306 > 0,259 dengan harga thitung > ttabel = 2,512 > 2,00. 2). Terdapat hubungan
yang positif dan berarti antara kemandirian belajar dengan hasil belajar
Menggambar Dasar Teknik Siswa Keahlian Gambar Bangunan SMK N 1 Lubuk
Pakam. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang memberikan
hasil nilai rx2y > rtabel = 0,323 > 0,249 dan korelasi parsial ry2.2 > rtabel = 260 > 0,249
dengan harga thitung > ttabel = 2,103 > 2,000. 3). Terdapat hubungan yang positif dan
berarti antara lingkungan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar
menggambar dasar teknik siswa keaglian teknik gambar bangunan SMK N 1
Lubuk Pakam dengan hasil R = 0,311 > Rtabel = 0, 249,sehingga Rhitung > Rtabel
yaitu (0,311 > 0,249),dan diperoleh determinasi R2 sebesar 0,0967 yang berarti
9,67% Lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar (X1) dan kemandirian
terhadap hasil belajar (X2) dengan harga Fhitung = 3,205 > Ftabel = 3,148.
Dengan demikian Lingkungan dan Kemandirian Belajar mempunyai
hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Menggambar Dasar
Teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 066 |
Keywords: | Lingkungan; Kemandirian Belajar;Hasil Belajar; Gambar Dasar Teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 07:24 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21751 |