Fadli, Muhammad (2016) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113111026 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM 5113111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5113111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM 5113111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
5. NIM 5113111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 5113111026 TABLES.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
7. NIM 5113111026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM 5113111026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
9. NIM 5113111026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
13. NIM 5113111026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
14. NIM 5113111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dan hasil
belajar gambar teknik dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat
belajar dan hasil belajar gambar teknik dasar siswa dengan menerapkan metode
demonstrasi pada materi pelajaran menggambar proyeksi di kelas X TGB SMK
Negeri 1 Lubuk Pakam.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
yang telah dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X
TGB sebanyak 30 siswa. Objek penelitiannya adalah metode demonstrasi.
Instrumen yang digunakan adalah instrumen non test berupa kuesioner untuk
penilaian minat belajar dan juga lembar observasi untuk penilaian hasil belajar
siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil penelitian ini terlihat dari perbandingan dari setiap siklus, Nilai rata-rata
minat belajar siswa pada siklus I mencapai 67,46 dan pada siklus II mencapai
83.60, Dengan nilai Uji t yaitu t hitung (5.382) > t Tabel (2.048). Sedangkan pada
nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 68.20 dan pada siklus II
mencapai 80.00, Dengan nilai Uji t yaitu t hitung (5.493) > (2.048). Dengan
demikian terlihat bahwa pada minat belajar dan hasil belajar mengalami
peningkatan yang signifikan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan metode demonstrasi dapat
meningkatkan minat belajar dan hasil belajar. Saran yang dapat diberikan dalam
menjalankan metode ini bahwa guru harus mampu membimbing siswa agar lebih
memperhatikan setiap proses pembelajaran dan siswa harus lebih tertarik dalam
keterampilan menggambar karena dalam perhatian dan ketertarikan itu akan dapat
menumbuhkan minat belajar yang baik dan dapat mengembangkan keterampilan
siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 068 |
Keywords: | Metode Demonstrasi; Minat Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 07:02 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21746 |