Yanto, Yandi Ari (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KELOMPOK KUIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DI KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509311039 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 509311039 LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3. NIM 509311039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. NIM 509311039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM 509311039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. NIM 509311039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM 509311039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NIM 509311039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM 509311039 BAB I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM 509311039 BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM 509311039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
Menggambar Teknik siswa kelas X di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan
menerapkan model pembelajaran Kelompok Kuis.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik
Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa
sebanyak 29 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk
mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan.
Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan
berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini,
terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu siklus pertama skor aktivitas ratarata
nilai 58,62 meningkat menjadi 79,82 pada siklus kedua. Selanjutnya
peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi pada siklus pertama dengan rata-rata
nilai 63,08 meningkat menjadi 77,90 pada siklus kedua.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan
pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Kelompok Kuis dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menggambar Teknik pada
siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri
1 Percut Sei Tuan. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang
menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna
dari pembelajarannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 061 |
Keywords: | Model Pembelajaran Aktif; Menggambar Teknik; hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 06:32 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21739 |