Malau., Marganda (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KELISTRIKAN MESIN DAN KONVERSI ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123121015 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 5123121015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
3. NIM 5123121015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 5123121015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM 5123121015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 5123121015 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 5123121015 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 5123121015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 5123121015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM 5123121015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
14. NIM 5123121015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada kompetensi kelistrikan mesin dan konversi energi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad mata pelajaran kelistrikan mesin dan konversi energi pada kompetensi dasar memahami prinsip-prinsip dasar kelistrikan di kelas .X TP SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TP3 SMKN 2 Pematangsiantar, yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan postes dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 25 siswa (71,42%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 10 siswa (28,58%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 72,42 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 71,42%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar diperoleh 31 siswa (88,57%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa (11,42%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,42 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 88,57%. Dikarenakan kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal, maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada kompetensi dasar memahami prinsip-prinsip dasar kelistrikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 074 |
Keywords: | Hasil Belajar Kelistrikan Mesin; Konversi energi; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 04:40 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21709 |