Silitonga, Rudi Haryanto (2016) HUBUNGAN GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORIAL DAN KINESTETIK) DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5123121025 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
02. NIM. 5123121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
03. NIM. 5123121025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
04. NIM. 5123121025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
05. NIM. 5123121025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
06. NIM. 5123121025 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
07. NIM. 5123121025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
08. NIM. 5123121025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
09. NIM. 5123121025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
13. NIM. 5123121025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM. 5123121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara gaya
belajar (visual, auditorial dan kinestetik) dengan hasil belajar mata pelajaran
menggunakan perkakas tangan siswa kelas X kompetensi keahlian teknik
pemesinan SMK Negeri 2 Medan. Metode penelitian bersifat deskriptif
korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X kompetensi keahlian
Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan berjumlah 139 orang. Dalam hal ini,
sampel penelitian adalah 35 orang siswa kelas X yang ditentukan dengan metode
proporsional random sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket
dan tes objektif, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah
variabel Gaya Belajar. Sedangkan untuk variabel Hasil Belajar Mata Pelajaran
Menggunakan Perkakas Tangan dijaring dengan menggunakan tes objektif
berbentuk pilihan berganda. Jumlah instrumen angket gaya belajar sebanyak 45
soal dan 36 soal yang valid dengan reliabilitas 0,920 tergolong sangat tinggi.
Sedangkan jumlah instrumen tes hasil belajar mata pelajaran menggunakan
perkakas tangan sebanyak 40 soal dan 30 soal yang valid dengan reliabilitas 0,798
tergolong tinggi. Hasil analisis antara gaya belajar dengan hasil belajar
menunjukkan korelasi product momen gaya belajar visual hitung r 0,834 (sangat
kuat), gaya belajar auditorial hitung r 0,157 (sangat rendah) dan gaya belajar
kinestetik hitung r 0,581 (cukup). Dengan demikian hipotesis yang berbunyi terdapat
hubungan gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik) dengan hasil belajar mata
pelajaran menggunakan perkakas tangan dapat diterima. Maka dapat di simpulkan
bahwa pada mata pelajaran perkakas tangan siswa kelas X kompetensi keahlian
teknik pemesinan SMK Negeri 2 Medan T.A 2016/2017 siswa lebih baik di
ajarkan dengan metode visual seperti diagram, buku pelajaran bergambar, dan
video kemudian setelah siswa mengerti kemudian siswa di tuntut untuk
memepraktekkan (kinestetik) apa yang telah mereka pelajari tersebut sembari guru
mengasih arahan atau bimbingan (auditorial) ketika siswa melaksanakan
prakteknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 073 |
Keywords: | Gaya Belajar; Auditorial; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 04:35 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21708 |