Ambarita., Jonatan Fradoli (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK WRITE (TTW) KELAS X SMK N.2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5122121004 Cover.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 5112121010 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
3. NIM. 5122121004 Abstract.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 5122121004 Preface.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM. 5122121004 Table Of Content.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 5122121004 List Of Appendixes.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 5122121004 Chapter I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
12. NIM. 5122121004 Chapter V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM. 5122121004 Bibliography.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Mesin siswa kelas X TP SMK N 2 Medan dengan menerapkan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek pada penelitian ini adalah menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) sedangkan subjeknya adalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) meningkat dari pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pemebelajaran konvensional. Pada data awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 48,43 dan jumlah persentase keberhasilan klasikal hanya mencapai 12,5%. Pada tindakan siklus I dengan penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) diperoleh nilai rata-rata kelas 65,62 dan persentase keberhasilan klasikal 48,75% dan nilai observasi aktivitas guru 2,6. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari data awal baik dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II dengan penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada pertemuan keempat diperoleh nilai rata-rata kelas semakin meningkat lagi yaitu 86,59. Jumlah persentase keberhasilan klasikal juga semakin meningkat hingga mencapai 90,675% dan nilai rata-rata observasi aktivitas guru 3,6. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pengetahuan Dasar Teknik Mesin siswa kelas X TP SMK N 2 Medan tahun ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 072 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write; Hasil Belajar; Dasar Teknik Mesin Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ181 Mechanical movements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 03:59 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21703 |