David Romulo, Naibaho (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELISTRIKAN MESIN DAN KONVERSI ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123121005 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 5123121005 APPORAL SHEET.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
3. NIM. 5123121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM 5123121005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
5. NIM. 5123121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 5123121005 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 5123121005 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 5123121005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 5123121005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
13. NIM. 5123121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14. NIM. 5123121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kelistrikan mesin dan konversi energi siswa kelas X TP SMK Negeri 2 Medan dengan menerapkan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan pada semester ganjil. Penelitian ini mempunyai empat tahapan, yaitu tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi yang dari dua siklus. Hasil penelitiannya dimana nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 3, nilai persen aktivitas yang dicapai 75% pada siklus II nilai rata-rata aktivitas siswa 3,7 nilai persen aktivitas yang dicapai 92,5%. Untuk hasil evalusi pada siklus I nilai tertinggi 80, nilai terendah 20. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas 19 orang dan ketuntasan 61,29%. Pada siklus II nilai tertinggi 100, nilai terendah 70. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas yaitu 26 orang dan ketuntasan 83,87%. Melalui penelitian ini terbukti bahwa model pembelajaran Student Facilitator And Explaining telah meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa. Dengan demikian, pembelajaran pada mata pelajaran kelistrikan mesin dan konversi energi dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TP SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 076 |
Keywords: | Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining;; Hasil Belajar; Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 02:58 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21693 |