Simangungsong, Rocky Jourdan (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK ANTARA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5103121029 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM 5103121029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
3. NIM 5103121029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 5103121029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM 5103121029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM 5103121029 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 5103121029 APPENDINCES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 5103121029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
12. NIM 5103121029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
13. NIM 5103121029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar
mata pelajaran Menggambar Teknik Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions
(STAD) Dan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Medan
Tahun Ajaran 2016/2017. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah
eksperimental, dimana dalam pelaksanaannya diberikan perlakuan (treatment)
kepada kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
(sepuluh) Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Medan yang
mengikuti Mata Pelajaran Menggambar Teknik yang berjumlah empat kelas.
Sampel penelitian ini adalah kelas yang mempunyai tingkat kemampuan awal
yang sama (homogen) yang diukur melalui pretest. Dari hasil analisis data pretest
didapat bahwa keempat kelas merupakan kelas yang homogen yang kemudian
keempat kelas diundi untuk menentukan kelas penelitian. Dari hasil undian
didapat kelas eksperimen (yang diajar menggunakan model pembelajaran
Kooperatif tipe STAD) adalah kelas X TP1 dengan jumlah 36 orang, dan kelas
kontrol (menggunakan model pembelajaran inkuiri) adalah kelas X TP2 dengan
jumlah 36 orang. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 72 orang.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
Menggambar Teknik antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dan menggunakan model pembelajaran inkuiri, dimana
hasil belajar Menggambar Teknik kelas Eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar
kelas Kontrol. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf
signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas
eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas
Kontrol (menggunakan model pembelajaran inkuiri). Hal ini terlihat dari nilai
thitung (1.74) > ttabel (1.67).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 080 |
Keywords: | Model pembelajaran; kooperatif tipe STAD; inkuiri;Hasil belajar menggambar teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 02:52 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21691 |