PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MAKRAME MAHASISWA UNIMED

Ray, Damaiwaty (2004) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MAKRAME MAHASISWA UNIMED. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 015020057 - Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
015020057 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of 015020057 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
015020057 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[thumbnail of 015020057 - Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
015020057 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (922kB) | Preview
[thumbnail of 015020057 - Bab I.pdf]
Preview
Text
015020057 - Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 015020057 - Bab V.pdf]
Preview
Text
015020057 - Bab V.pdf - Published Version

Download (701kB) | Preview
[thumbnail of 015020057 -Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
015020057 -Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (572kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar makrame mahasiswa PGSD Unimed. Kemudian untuk mengetahui perbedaan hash belajar makrame dari mahasiswa yang mempunyai gaya kognitif Pild Independent (PI) dan Fad Dependent (14)), serta untuk mengetahui interaksi antara media pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap hasil belajar makrame.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen. Variabel bebas yang diteliti yaitu Media Pembelajaran dan Gaya Kognitif. Media pembelajaran terdiri alas transparansi OHP dan gambar atau grafik, sedangkan gaya kognitif terdiri atas FI dan FD. Variabel terikat yaitu basil belajar Makrame. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa PGSD semester III T.A 2002/2003, yang berjumlah 400 orang dan terdiri dari 10 kelas. SampeI diambil sebanyak 2 kelas dari populasi, yang berjumlah sebanyak 80 orang. SampeI diambil dengan cara cluster random sampling. Kemudian perlakuan yang dilakukan yaitu satu kelas menggunakan media transparan OHP dan satu kelas menggunakan media gambar, yang niana setiap kelas perlakuan diukur gaya kognitif setiap mahasiswa (Fl atau FD). Perlakukan dilakukan selama 3 hulan atau 8 kali pertemuan.Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi dan analisis inferensi yang meliputi analisis komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti antara media pembelajaran terhadap hash belajar makrame mahasiswa PGSD Unimed. Kemudian hasiI penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti antara gaya kognitif terhadap hasil belajar makrame, serta terdapat perbedan hasil belajar akibat intraksi media pembelajaran dengan gaya kognitif mahasiswa PGSD Unimed pada taraf a- 5 %.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa mediapembelajaran tranfaransi OHP Iebih baik dibandingkan gambar atau untukmeningkatkan hasil belajar makrame dari mahasiswa PGSD Unimed. Kemudian mahasiswa yang mempunyai gaya kognitif Fl secara rata-rata Iebih balk hasil belajar makramenya dibandingkan mahasiswa yang mempunyai gaya kognitif FD. Dari kesimpulan ini diharapkan para guru (dosen) hendaknya berusaha menggunakan media pembelajaran (salah satunya transparansi OHP) terutama untuk mata kuliah keterampilan makrame, agar hasil belajar mahasiswa Iebih meningkat. Para pengeloIa mata kuliah keterampilan, untuk menyediakan media pembelajaran 014 P yang cukup sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Ray p
Keywords: Media Pembelajaran; Gaya Kognitif; Hasil Belajar Makrame
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 24 Jun 2016 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item
View Item