Nasution, Khairuddin (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CRH (Course Review Horay) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR SISWA KELAS X TEKNIK PERMESINAN SMK SWASTA YWKA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 511121004_COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 511121004_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
3. NIM. 511121004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM. 511121004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM. 511121004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
6. NIM. 511121004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 511121004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 511121004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 511121004_BAB I.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
13. NIM. 511121004_BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 511121004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran menggunakan alat ukur pokok bahasan menggunakan peralatan
pembanding dan/atau alat ukur dasar dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe CRH (course review horay)di kelas X Teknik Permesinan SMKS
YWKA Medan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ), Subjek
dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Permesinan SMKS YWKA Medan
tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 24 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan
sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan.Dalam setiap
siklus dilakukan 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk
soal essay dan lembar observasi aktivitas siswa. Pada siklus I di peroleh nilai rata
– rata siswa 70.4 denga ketuntasan belajar siswa sebanyak 13 orang (54.2%) dan
11 orang (45.8%) yang belum tuntas, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa
pertemuan pertama 49.99% dan pertemuan kedua di peroleh rata – rata 57.03%
tergolong rendah. Pada siklus II di peroleh nilai rata – rata 82.1 dengan ketuntasan
belajar sebanyak 22 orang (91.2%) yang telah tuntas, dan 2 orang (8.3%) masih
belum tuntas, sedangkan asil observasi aktivitas siswa pertemuan pertama di
peroleh rata – rata 67.8% tergolong sedang dan pertemuan kedua di peroleh nilai
74.5% tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe CRH (course reviu horay) dapat meningkatkan hasil
belajar menggunakan alat ukur pokok bahasan menggunakan peralatan
pembanding dan/atau alat ukur dasardari ulangan harian rata-rata hasilbelajar 60
kemudian dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 70.4 sedangkan
pada siklus II rata-rata hasil belajar 82.1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 078 |
Keywords: | Penerapan Model Pembelajaran; Aktivitas; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 01:56 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21682 |