Sihombing., Metho Poltak (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI DASAR SISWA KELAS XI SMK SANDHY PUTRA 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01,METHO P. SIHOMBING NIM. 5113142026 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
02. METHO P. SIHOMBING NIM. 5113142026 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (810kB) | Preview
03. METHO P. SIHOMBING NIM. 5113142026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04. METHO P. SIHOMBING NIM. 5113142026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
05. METHO P. SIHOMBING NIM. 5113142026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
06. METHO P. SIHOMBING NIM. 5113142026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07. METHO P. SIHOMBING NIM. 5113142026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08. METHO P. SIHOMBING NIM. 5113142026 BAB I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
09. METHO P. SIHOMBING NIM. 5113142026 BAB II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. METHO P. SIHOMBING NIM. 5113142026 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. METHO P. SIHOMBING NIM. 5113142026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar ilmu gizi dasar sebelum diberi penerapan pada siswa kelas XI SMK Sandhy Putra 2 Medan (2) Untuk mengetahui hasil belajar ilmu gizi dasar yang diberi penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas XI SMK Sandhy Putra 2 Medan; (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar ilmu gizi dasar siswa kelas XI SMK Sandhy Putra 2 Medan.
Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester genap SMK Sandhy Putra 2 Medan yang mendapatkan materi ilmu gizi dasar sebanyak 2 kelas yang berjumlah 50 siswa. Sampel penelitan diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar ilmu gizi dasar sebelum diberi penerapan model Mind Mapping (X1) dan tes hasil belajar ilmu gizi dasar setelah diberi penerapan model pembelajaran Mind Mapping (X2). Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada materi ilmu gizi dasar pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping diperoleh rata-rata sebesar 74,76 dan standar deviasi 7,45 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup sebesar 48% dan kategori tinggi sebesar 52%, sedangkan dikelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 65,24 dengan standar deviasi 13,24 dengan tingkat kecenderungan nilai yang kurang 12%, kategori cukup 56% dan kategori tinggi sebesar 32%. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk post tes diperoleh t hitung > t tabel (3,14 > 1,678), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar ilmu gizi dasar pada siswa kelas XI SMK Sandhy Putra 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 055 |
Keywords: | Ilmu Gizi; Model Pembelajaran; Spider Consept map |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA601 Food and food supply in relation to public health |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 04:23 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21672 |