PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN

Ginting, Winna Risky (2016) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 5113142046 COVER.doc.pdf]
Preview
Text
1. 5113142046 COVER.doc.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 2. 5113142046 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 5113142046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (783kB) | Preview
[thumbnail of 3. 5113142046 ABSTRACT.doc.pdf]
Preview
Text
3. 5113142046 ABSTRACT.doc.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 5. 5113142046 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 5113142046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 6. 5113142046 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 5113142046 TABLES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 7. 5113142046 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 5113142046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 8. 5113142046 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 5113142046 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 9. 5113142046 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 5113142046 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 13. 5113142046 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 5113142046 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 14. 5113142046 BIBLIOGRAPHY .pdf]
Preview
Text
14. 5113142046 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan : 1). Untuk mengetahui hasil belajar ilmu gizi yang menggunakan media audio visual pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. 2). Untuk mengetahui hasil belajar ilmu gizi yang menggunakan media gambar pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. 3). Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar ilmu gizi pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan yaitu 120 siswa tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari kelas X1 sebanyak 30 siswa dan X3 sebanyak 30 siswa yang diambil secara teknik random sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan tes objektif sebanyak 45 butir soal. Sebelumnya tes ini ada 50 butir soal, akan tetapi setelah diujicobakan pada kelas lain diluar sampel penelitian untuk melihat kesahan tes, terdapat 45 butir soal yang memenuhi analisis instrument tes dengan reliabilitas soal sebesar 0,94. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data pre tes dan pos tes dari kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen).
Hasil penelitian pada kelompok yang menggunakan media audio visual memiliki tingkat kecenderungan kategori cukup dengan rentang nilai 70-79. Sedangkan kelompok yang menggunakan media gambar memiliki tingkat kecenderungan kategori kurang dengan rentang nilai 60-69. Hasil uji normalitas data dilakukan dengan uji liliefors pada kelompok yang menggunakan media audio visual diperoleh L0 sebesar -0,00198 dan pada kelompok yang menggunakan media gambar diperoleh L0 sebesar 0,033, kedua nilai tersebut dikonsultasikan pada harga Ltabel sebesar 0,161 pada taraf signifikansi 0,05 dengan kriteria pengujian L0 < Ltabel yang berarti data hasil belajar kedua kelas adalah berdistribusi normal. Untuk mengetahui data homogen digunakan uji-f sehingga diperoleh nilai f hitung (0,44) < f tabel (1,271), maka dapat disimpulkan kedua kelompok penelitian adalah homogen..Untuk melihat perbedaan hasil belajar kelompok yang menggunakan media audio visual dan yang menggunakan media gambar digunakan uji-t, hasilnya diperoleh thitung untuk kedua kelompok penelitian adalah 4,077 sedangkan ttabel adalah 1,567 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan demikian harga t hitung ≥ t tabel yakni 4,077 ≥ 1,567 sehingga penelitian hipotesis Ha diterima, artinya hasil belajar yang menggunakan media audio visual lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan media gambar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BOGA 063
Keywords: Media Audio Visual; Hasil Belajar;Ilmu Gizi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA601 Food and food supply in relation to public health
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Nov 2016 03:56
Last Modified: 25 Nov 2016 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21665

Actions (login required)

View Item
View Item