Manalu, Elvi Anita (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN SISWA SMK PENCAWAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5113142014. COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
02. NIM. 5113142014. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (792kB) | Preview
03. NIM. 5113142014. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
04. NIM. 5113142014. PREFACE.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
05. NIM. 5113142014. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
06. NIM. 5113142014. TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM. 5113142014. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
08. NIM. 5113142014. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
12. NIM. 5113142014. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM. 5113142014. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang
menggunakan media gambar pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan; (2)
Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media gambar pada mata pelajaran
pengetahuan bahan makanan; (3) Pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil
belajar pengetahuan bahan makanan. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi
eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Pencawan Medan. Penentuan kelas
dilakukan teknik total sampling sehingga sampel kelas terdiri dua kelas yang berjumlah
60 siswa yakni kelas X Boga-1 sebanyak 30 orang dengan menggunakan media gambar
dan kelas X Boga-2 sebanyak 30 orang dengan tidak menggunakan media gambar.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan
deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar
pengetahuan bahan makanan yang menggunakan media gambar termasuk kategori
cenderung tinggi dengan jumlah presentase 90 persen dan tingkat kecenderungan hasil
belajar pengetahuan bahan makanan yang tidak menggunakan media gambar termasuk
kategori cenderung cukup dengan jumlah presentase 63,3 persen. Hasil uji normalitas
dari kedua kelas adalah berdistribusi normal. Dengan hasil belajar yang menggunakan
media gambar pada materi pengetahuan bahan makanan Fhitung = 0,79 < Ftabel = 1,79 dan
hasil belajar yang tidak menggunakan media gambar pada materi pengetahuan bahan
makanan Fhitung = 1,21 < Ftabel = 1,76. Berdasarkan hasil analisis uji t terdapat pengaruh
signifikan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar pengetahuan bahan
makanan dengan nilai t hitung = 0,161 < t tabel = 0,151, kelas yang tidak menggunakan
media gambar terhadap hasil belajar pengetahuan bahan makanan t hitung = 0,156 < t tabel
= 0,161. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel (6,690 > 1,671)
pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian pengaruh yang signifikan penggunaan
media gambar terhadap hasil belajar pengetahuan bahan makanan siswa SMK
Pencawan Medan. Artinya dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil
belajar pengetahuan bahan makanan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 066 |
Keywords: | Media Gambar; Hasil Belaja; Bahan Makanan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 03:33 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21660 |