Saragih, Sony Thomas (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA MINIATUR ROBOT DI SMP NEGERI 2 BANGUN PURBA. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM(8146171082) COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM(8146171082)Lembar Pengesahan Tesis.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
3. NIM(8146171082) ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4.NIM(8146171082) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5.NIM(8146171082)DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6.NIM(8146171082)DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7.NIM(8146171082)DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8.NIM(8146171082)DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9.NIM(8146171082)BAB I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
13.NIM(8146171082)BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14.NIM (8146171082)DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui project based learning (PjBL) berbantuan media miniatur robot lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran secara biasa? ; (2) Apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar melalui project based learning (PjBL) berbantuan media miniatur robot lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran secara biasa?; (3) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa?; (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa?. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun Purba. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas berjumlah 60 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan Uji t dan ANAVA Dua Jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui project based learning (PjBL) berbantuan media miniatur robot lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran secara biasa (signifikan 0,003 < 0,05); (2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar melalui project based learning (PjBL) berbantuan media miniatur robot lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran secara biasa (signifikan 0,013 < 0,05); (3) Terdapat interaksi pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis (signifikan 0,038); (4) Terdapat interaksi pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis (signifikan 0,009).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sar p |
Keywords: | PjBL; Miniatur robot; Pembelajaran biasa; Komunikasi matematetis; Berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Nov 2016 02:16 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21636 |