Siregar, Juni Astri (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN INTUISI MATEMATIS SISWA SMP BUDI MURNI 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
01. 8146172032 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
02. 8146172032 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (680kB) | Preview
03. 8146172032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
04. 8146172032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
05. 8146172032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
06. 8146172032 TABLES.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
07. 8146172032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
08. 8146172032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
012. 8146172032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
013. 8146172032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan intuisi matematis siswa, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan berbasis pendekatan realistik, (3) peningkatan intuisi matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan berbasis pendekatan realistik, (4) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan realistik.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Budi Murni 3 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 and VII-2 SMP Budi Murni 3 Medan. Dan objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa buku guru, buku siswa, LAS, dan tes kemampuan pemecahan masalah dan intuisi matematis siswa. Data dikumpulkan menggunakan 3 jenis instrumen yaitu lembar validitas, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) perangkat yang dikembangkan adalah valid dan praktis. Hal ini diperoleh dari hasil analisis penilaian ahli/validator dan praktisi (guru) serta data respon siswa yang positif; 2) perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan yaitu siswa tuntas secara klasikal, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran dan respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan intuisi matematis siswa berada pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sir p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Pendekatan realistik; Kemampuan pemecahan matematis; Intuisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Nov 2016 01:45 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21630 |