Silaban, Goloria (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KEMAMPUAN MENGARANG KELAS IV SD NEGERI 173477 TUKKA KEC. PAKKAT KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Mengarang bahasa Indonesia dengan metode imajinatif sudah tidak rahasia
umum lagi dan seolah- olah sudah menjadi asumsi public bahwa hasil pengajaran
bahasa Indonesia di sekolah- sekolah dari sekolah dasar sampai sekolah menegah
tingkat atas kurang memuaskan. Masalah yang dimaksud adalah dilihat dari hasil
ujian sebagai salah satu barometer keberhasilan pengajaran bahasa Indonesia.
Kenyataan tersebut juga pernah penulis jumpai dalam beberapa kali pengalaman
hasil koreksi ujian mengarang bahasa Indonesia pada siswa. Dari hasil karangan
para siswa tersebut banyak sekali penulis jumpai kelemahan- kelemahan siswa
dalam penguasaan unsure- unsure pembentuk karangan itu sendiri. Terlepas dari
factor- factor lain dari kenyataan tersebut, kita dapat berasumsi bahwa
pembelajaran bahasa Indonesia khususnya mengarang masih perlu mendapatkan
perhatian lebuh serius dari para guru bahasa Indonesia.
Penelitian berdasarkan permasalahan adalah seberapa jauh peningkatan
prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran imajinatif
dalam belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Sd Negeri 173477 Tukka
Tahun Pembelajaran 2015/2016 dan bagaimana pengaruh metode pembelajaran
imajinatif terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Sd
Negeri 173477 Tukka Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan
prestasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran imajinatif pada
siswa kelas IV SD Negeri 173477 Tukka Tahun Pembelajaran 2015/2016 dan
pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran
imajinatif dalam bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 173477 Tukka
Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebnyak
tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahapan yaitu: rancangan kegiatan,
pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SD
Negeri 173477 Tukka. Data yang diperoleh berupa hasil tes Tanya jawab, lembar
observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi
belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran imajinatif
dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri 173477
Tukka, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
pembelajaran mengarang bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 299 |
Keywords: | Imajinatif; Hasil Belajar; Model Pembelajaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 07:55 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21624 |