Siregar, Veronita (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 173318 LUMBAN BARAT KEC. PARANGINAN KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah: untuk mengetahui meningkatnya
prestasi belajar matematika pada aspek operasi bilangan hitung perkalian
dalam pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada siswa kelas III
Sd Negeri 173318 Lumban Barat Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang
Hasundutan T.P.2015/2016 Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan
rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan populasi dalam
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD
NEGERI 173318 Lumban Barat Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang
Hasundutan T.P.2015/2016 dengan jumlah populasi sebanyak sejumlah 40
siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada seluruh populasi
yang ada di kelas III SD Negeri 173318 Lumban Barat Kecamatan Paranginan
Kabupaten Humbang Hasundutan T.P .2015/2016berjumlah 40 siswa. Dalam
pengumpulan data, metode yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi
metode test, observasi dan dokumentasi. Metode test digunakan untuk
mendapatkan prestasi belajar matematika setelah siswa mendapatkan
pengajaran siklus I dan siklus II, metode observasi digunakan untuk mengetahui
kondisi sekolah, kondisi siswa saat mendapatkan pengajaran baik pada siklus
I, maupun II, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama
responden penelitian. Untuk menguji kesahihan data digunakan triangulasi data,
dan triangulasi metode. Dalam proses analisa ada tiga komponen yang harus
disadari oleh peneliti. Tiga komponen tersebut adalah: 1) data reduksi; 2) sajian
data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasiBerdasarkan hasil dan pembahasan
dalam dapat diketahui bahwa. 1. Nilai rata prestasi belajar Matematika siswa kelas
III pada siklus I sebesar 67, pada siklus II sebesar 76 sehingga terdapat
kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 2. Prosentase ketuntasan belajar
siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 60,97 % (14 siswa tuntas dalam
belajarnya dari seluruh peserta 40 siswa), pada siklus II sebesar 97,6 % (26
siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 40 siswa). Dengan demikian
terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai
berikut: Melalui alat peraga dapat meningkatan prestasi belajar matematika pada
siswa kelas III SD Negeri 173318 Lumban Barat Kecamatan Paranginan
Kabupaten Humbang Hasundutan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 189 |
Keywords: | Pembelajaran; Matematika; Perkalian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 06:44 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 06:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21611 |