Sitanggang, Ristauli Marlina (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD NEGERI 078493 FADOROSIFULUBANUA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 114523114122 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 114523114122 LEMBARAN PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM 114523114122 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM 114523114122 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM 114523114122 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM 114523114122 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM 114523114122 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 114523114122 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. NIM 114523114122 BAB I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13. NIM 114523114122 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM 114523114122 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar
sains siswa pada materi alat pernapasan manusia di kelas V SD. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar sains
siswa pada materi alat pernapasan manusia di kelas V SD Negeri 078493
Fadorosifulubanua T.P 2015/2016.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa siswa kelas V SD Negeri 078493
Fadorosifulubanua T.P 2015/2016 sebanyak 1 kelas yang berjumlah 30 siswa
terdiri dari 17 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan
sebanyak 2 siklus dan tiap siklus dilakukan selama 2 kali pertemuan pada materi
alat pernapasan manusia di kelas V SD. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20
soal serta lembar format observasi kegiatan dalam menerapkan RPP dan kegiatan
siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan
kuantitatif.
Hasil penelitian menujukkan bahwa dari hasil pretes diperoleh rata-rata
nilai sebesar 36,5 dengan persetase ketuntasan secara klasikal sebesar 0%. Pada
siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 63,7 dan
jumlah siswa yang dinyatakan tuntas dalam belajar sebanyak 19 orang atau
persentase ketuntasan sebesar 63,3%. Hal ini berarti secara klasikal pada siklus I
para siswa masih dinyatakan belum mencapai ketuntasan dalam belajar karena
persentase masih kurang dari 85%. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran
pada siklus II, dari hasil postes rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi
sebesar 74,8 dengan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas dalam belajar sebanyak
30 orang atau persentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hal ini berarti secara
klasikal para siswa dinyatakan telah berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar
karena persentase ketuntasan belajar klasikal sudah lebih dari 85%.
Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share
dapat meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar sains siswa pada materi alat
pernapasan manusia di kelas V SD Negeri 078493 Fadorosifulubanua T.P
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 426 |
Keywords: | Hasil Belajar; Sains; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 06:14 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 06:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21604 |