Rahmad (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI MTSN 1 RANTAUPRAPAT. Masters thesis, UNIMED.
01. 8146172057 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
02. 8146172057 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
03. 8146172057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
04. 8146172057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
05. 8146172057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
06. 8146172057 TABLES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
07. 8146172057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08. 8146172057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
012. 8146172057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
013. 8146172057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan disposisi matematis antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (3) Mendeskripsikan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (4) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pendekatan matematika realistik dan pendekatan inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Rantauprapat yang berjumlah 240 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teksin cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anacova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (2) Terdapat perbedaan disposisi matematis antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (3) Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan pemahaman matematis siswa yang diberi pendekatan matematika realistik lebih baik dan bervariasi dibanding dengan siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (4) Respon siswa terhadap pendekatan matematika realistik dan pendekatan inkuiri dalam kategori respon positif dengan persentase lebih dari 80%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Rah p |
Keywords: | Pendekatan matematika realistik; Pendekatan inkuiri; Pemahaman matematis; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 04:23 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21600 |