Harahap, Hidayatul Mazidah (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN APLIKASI WINGEOM DENGAN BERBANTUAN APLIKASI CABRI DI MTS S ISLAMIYAH KOTAPINANG. Masters thesis, UNIMED.
01. 8146172025 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
02. 8146172025 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
03. 8146172025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
04. 8146172025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
05. 8146172025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
06. 8146172025 TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
07. 8146172025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08. 8146172025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
012. 8146172025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
013. 8146172025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan spasial siswa pada pembelajaran pendekatan matematika realistik berbantuan aplikasi wingeom dengan berbantuan aplikasi Cabri, (2) Apakah terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan disposisi matematis siswa melalui pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik yang berbantuan aplikasi Wingeom dengan berbantuan aplikasi Cabri, (3) Bagaimana kadar aktivitas aktif siswa, selama proses penerapan pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik berbasis aplikasi Wingeom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs S Islamiyah Kotapinang, kemudian dipilih dua kelas. Kelas eksperimen 1 mendapat pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Wingeom dan kelas eksperimen 2 mendapat pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Cabri. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan spasial, (2) angket disposisi,(3) dan angket hasil aktivitas siswa dalam Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Wingeom. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan spasial siswa pada pembelajaran pendekatan matematika realistik berbantuan aplikasi wingeom dengan berbantuan aplikasi Cabri (2) terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan disposisi matematis siswa melalui pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik yang berbantuan aplikasi Wingeom dengan berbantuan aplikasi Cabri, (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendekatan Realistik berbantuan aplikasi wingeom adalah efektif. Guru matematika diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 Har p |
Keywords: | Pembelajaran pendekatan matematika realistik aplikasi wingeom; Aplikasi cabri; Kemampuan spasial dan disposisi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 04:06 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21597 |