Smarmata, Nurhabibah (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI T. A 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1122111014 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1122111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
3. NIM. 1122111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 1122111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 1122111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 1122111014 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1122111014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1122111014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1122111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
13. NIM. 1122111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 1122111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan
bulat dengan pendekatan scientific di kelas IV SDN. 101776 Sampali T.A 2015/2016.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan pendekatan
scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat di kelas IV SDN.
101776 Sampali T.A 2015/2016.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah subjek
penelitian 25 siswa yang berasal dari siswa kelas IV SDN 101776 Sampali pada tahun ajaran
2015/2016. Dimana kegiatan berlangsung ketika pembelajaran matematika. Untuk
memproleh data penelitian ini menggunakan tes dan juga lembar observasi.
Setelah melaksanakan siklus I dengan menggunakan pendekatan scientific, diproleh
tingkat ketuntasan klasikal siswa adalah 9 orang atau 36% dengan rata-rata 67,80 atau
sebanding dengan rendah begitu pula dengan penerapan pendekatan scientific yang
digunakan guru masih buruk dengan nilai 42,23%. Setelah melaksanakan siklus II dengan
menggunakan pendekatan scientific, diperoleh ketuntasan klasikal adalah 19 siswa atau
76,00% dengan rata-rata 80,00 atau sebanding dengan sangat tinggi begitu pula dengan nilai
guru yang sudah sangat baik dengan rata rata 80,5%.
Pada siklus I pada penerapan pendekatan scientific oleh guru dapat dikatakan kategori
buruk dan diikuti dengan hasil belajar siswa yang rendah. Sedangkan pada siklus II pada
penerapan pendekatan scientific oleh guru dapat dikatakan kategori sangat baik dan diikuti
dengan hasil belajar yang sangat baik pula. Maka dari itu hipotesis yang berbunyi “dengan
menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran matematika materi bilangan bulat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 186 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Kumon; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 04:01 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21594 |