Napitupulu, Tuani Mangarincan (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMA NEGERI 3 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146172068 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 8146172068 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. NIM. 8146172068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. NIM 8146172068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 8146172068 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6. NIM. 8146172068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7. NIM. 8146172068 PICTURE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8146172068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
12. NIM. 8146172068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
13. NIM. 8146172068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (2) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. (3) Interaksi antara pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan awal matematik (KAM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (4) Interaksi antara pembelajaran berbasis masalah dan KAM terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi seluruh siswa MAN 3 Binjai. Sampel menggunakan teknik cluster sampling. Kelas IX-5 (32 siswa) diajarkan dengan PBM dan kelas IX-4 (33 siswa) diajarkan dengan Konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah. (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah. (4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan KAM terhadap Kemampuan komunikasi matematik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nap p |
Keywords: | Pemecahan masalah; Komunikasi matematik; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 03:51 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21590 |