PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMA NEGERI 3 BINJAI

Napitupulu, Tuani Mangarincan (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMA NEGERI 3 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146172068 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146172068 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146172068 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146172068 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146172068 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146172068 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146172068 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146172068 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146172068 LIST OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146172068 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146172068 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146172068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146172068 PICTURE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146172068 PICTURE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146172068  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146172068 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8146172068 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8146172068 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146172068 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146172068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (2) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. (3) Interaksi antara pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan awal matematik (KAM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (4) Interaksi antara pembelajaran berbasis masalah dan KAM terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi seluruh siswa MAN 3 Binjai. Sampel menggunakan teknik cluster sampling. Kelas IX-5 (32 siswa) diajarkan dengan PBM dan kelas IX-4 (33 siswa) diajarkan dengan Konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah. (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah. (4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan KAM terhadap Kemampuan komunikasi matematik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Nap p
Keywords: Pemecahan masalah; Komunikasi matematik; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:51
Last Modified: 22 Nov 2016 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21590

Actions (login required)

View Item
View Item