Rdinanti, Rizki (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1123111081 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM.1123111081 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
3. NIM.1123111081 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM.1123111081 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM.1123111081 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM.1123111081 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM.1123111081 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM.1123111081 GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM.1123111081 APPENDCES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM.1123111081 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
14. NIM.1123111081 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
15. NIM.1123111081 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode
pembelajaran yang masih konvensional atau berpusat pada guru dan siswa yang
kurang aktif, siswa tidak tertarik dalam mengikuti pelajaran di dalam kelas,
sehingga hal ini membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Peneliti bertujuan
untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode Quantum Teaching
didalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya, kelas V SD Negeri
101767 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana
yang menjadi subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas V SD Negeri 101767
Tembung, Kecamatan percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Tahun Ajaran
2015/2016 yang berjumlah 25 orang siswa. Terdiri dari 14 orang siswa laki-laki
dan 11 orang siswa perempuan. Objek pada penelitian ini adalah metode Quantum
Teaching yang digunakan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Data analisis dengan
menggunakan persentase, pengamatan, dan tes.
Setelah dilaksanakan penelitian, diperoleh hasil bahwa dari 25 orang
siswa, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada saat Pre-test hanya terdiri
dari 6 orang siswa dengan persentase 24% dan 19 orang siswa belum tuntas
dengan persentase 76%, nilai rata-rata 46. Setelah pelaksanaan siklus I jumlah
siswa yang mencapai ketuntasan mulai meningkat menjadi 13 orang siswa dengan
persentase 52% dan 12 orang siswa belum tuntas dengan persentase 48%, nilai
rata-rata secara klasikal 64,4. Selanjutnya pada siklus II jumlah siswa tuntas
semakin meningkat menjasi 22 orang siswa dengan persentase 88% dan 3 orang
siswa belum tuntas dengan persentase 12%, nilai rata-rata seluruhnya 80,4.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode
Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya, kelas V SD
Negeri 101767, Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 184 |
Keywords: | Quantum Teaching; IPA; Cahaya; Sifat-Sifatnya; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 03:42 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21587 |