Siregar, Yuningsih (2016) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK UNTUK MENGANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI KESEBANGUNAN DITINJAU DARI TAKSONOMI BLOM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SEDERAJAT MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8146172072 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. 8146172072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. 8146172072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM, 8146172072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM, 8146172072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
6. NIM, 8146172072 TABLES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM, 8146172072 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM, 8146172072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
12. NIM, 8146172072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13. NIM, 8146172072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini menyelidiki validitas dan reliabilitas tes diagnostik kesebangunan yang dikembangkan, serta kesulitan yang dialami siswa kelas IX SMP sederajat Medan ketika belajar kesebangunan. Penelitian ini dilaksanakan di MTs.N 1 Medan sebanyak 43 siswa, SMP Darul Aman Medan sebanyak 36 siswa dan SMP YPK Medan sebanyak 32 siswa yang keseluruhan sebanyak 111 siswa SMP, Penelitian ini merupakan suatu studi pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model Thiagarajan Semmel dan Semmel. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-9 MTs.N 1 Medan, siswa kelas IX-1 SMP Darul Aman Medan, siswa kelas IX-B SMP YPK Medan. Data diperoleh melalui tes diagnostik uji coba sebanyak I satu kelas dan dilanjutkan uji coba II sebanyak tiga kelas serta hasil wawancara kesulitan belajar siswa materi kesebangunan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tes diagnostik materi kesebangunan yang dikembangkan valid dan reliabel. Persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal berdasarkan empat jenis kemampuan di MTs.N 1, SMP Darul Aman, dan SMP YPK Medan berturut-turut diperoleh language knowledge sebesar 36,47%, 39,77%, 38,16%; schematic knowledge sebesar 44,69%, 46,27%, 45,41%, strategy knowledge sebesar 40,14%, 43,96%, 45,41%; algorithmic knowledge sebesar 50,11%, 59,97%, 62,93%. Persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal berdasarkan enam aspek kognitif di MTs.N 1, SMP Darul Aman, dan SMP YPK Medan berturut-turut diperoleh C1 (pengetahuan) sebesar 29,84%, 23,61%, 26,04%; C2 (pemahaman) sebesar 31,84%, 29,27%, 32,21%; C3 (aplikasi) sebesar 42,27%, 43,14%, 41,18%, C4 (analisis) sebesar 56,26%, 57,54%, 46,58%; C5 (sintesis) sebesar 45%, 50,14%, 51,25%; C6 (evaluasi) sebesar 55,32%, 58,48%, 50,16%. Temuan penelitian merekomendasikan pengembangan tes dagnostik ditinjau dari taksonomi Bloom dijadikan salah satu perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk menganalisis kesulitan belajar siswa agar dapat dilakukan perbaikan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.207 1 Sir p |
Keywords: | Tes diagnostik; Kesulitan belajar siswa; Kualitas alat penilaian; Taksonomi hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 03:41 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21585 |