Rangkuti, Irmiah Nurul (2016) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN RIAS KARAKTER PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media video pembelajaran rias karakter yang layak digunakan, mudah dipelajari mahasiswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektivitasan media video pembelajaran rias karakter yang dikembangkan pada materi rias karakter dengan tema nenek sihir. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Model ini meliputi enam tahapan yakni: studi literature, perencanaan dan desain pengembangan, pengembangan pruduk, validasi ahli, uji coba, revisi, dan produk akhir. Subjek uji coba terdiri dari dua orang ahli materi pembelajaran, dua orang ahli desain pembelajaran, dua orang ahli media video pembelajaran, tiga orang mahasiswa untuk uji perorangan, Sembilan orang mahasiswa untuk uji kelompok kecil, dan lima puluh delapan orang mahasiswa untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (93,75%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi baik (80,08%), (3) uji ahli media video pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (89,99%) , (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (88,32%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (87,63%), dan (6) uji lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (98,30%). Produk akhir dari pengembangan media video pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji keefektivitasan produk. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester IV/genap Program Studi Pendidikan Tata Rias Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2016/2017.
Hasil pengajuan hipotesis membuktikan bahwa: (1) media video pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran rias karakter pada program studi pendidikan tat arias universitas negeri medan, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran rias karakter dengan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media belajar buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data t_(hitung=3,285 )pada taraf signifikansi ɑ = 0,05 dengan dk 56 diperoleh t_(tabel= 1,67 ), sehingga t_(hitung>t_tabel ) , efektivitas penggunaan media video pembelajaran rias karakter = 80,46%. Hasil belajar kelompok mahasiswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media video pembelajaran rias karakter sebesar 71,72%. Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan media video pembelajaran rias karakter lebih efektif dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuan mahasiswa pada pembelajaran rias karakter dari pada tanpa menggunakan media video pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Ran p |
Keywords: | Media pembelajaran; Keahlian rias karakter; Video pembelajaran; Program software |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC1037 Career education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 03:48 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21576 |