Sitanggang, Yanti Eva (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 173490 SIMBARA KECAMATAN TARABINTANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
pelajaran Matematika. Ini terjadi dikarenakan proses pembelajaran matematika
yang tercipta di dalam kelas bersifat monoton, guru masih menggunakan metode
ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran dan kurang terampil
menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Proses pembelajaran yang
demikian menyebabkan siswa bersifat pasif dan kurang serius dalam mengikuti
proses pembelajaran di kelas. Pembatasan dalam penelitian ini dibatasi dalam
materi pokok luas trapezium dan layang-layang. Untuk itu perlu dilakukan
penelitian pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi di SDN
173490 Simbara T.A 2015/2016..
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri
173490 Simbara. Hipotesis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Matematika di kelas V SD Negeri 173490 Simbara tahun ajaran 2015/2016.
Dengan demonstrasi, proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan
lebih berkesan secara mendalam sehingga membentuk pengertian dengan baik dan
sempurna. Siswa juga dapat mengamati dan memperhatikan pada apa yang
diperlihatkan selama pembelajaran berlangsung. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V SD Negeri 173490 Simbara tahun ajaran 2015/2016 dengan
jumlah siswa 18 orang.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang
terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali pos tes. Alat pengumpulan data pada
penelitian ini adalah pos tes pada akhir siklus, lembar observasi siswa, dan lembar
observasi guru. Hasil belajar siswa sebelum ada tindakan dikategorikan sangat
rendah dengan persentase hasil belajar klasikal 33,3 % pada pre tes. Pos tes siklus
I persentase hasil belajar klasikal adalah 55,5 % sedangkan pada pos tes siklus II
persentase hasil belajar klasikal mencapai 83,3 %. Rata-rata hasil observasi siswa
aspek afektif dan psikomotor pada siklus I sebesar 55,5 % dengan kategori kurang
partisipatif dan pada siklus II sebesar 83,5 % dengan kategori sangat partisipatif.
Rata-rata hasil observasi guru siklus I sebesar 80,83 % dengan kategori
partisipatif dan pada siklus II sebesar 90,83 % dengan kategori sangat partisipatif.
Dari penjelasan tersebut, menunjukkan bahwa melalui penggunaan metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Matematika kelas V SD Negeri 173490 Simbara Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 310 |
Keywords: | Hasil Belajar; matematika; Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 03:08 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21562 |