Sebayang, Andelta (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MENDENGARKAN TEKS BACAAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI KELAS IV SD NEGERI TANJUNG RAHU KEC.KERAJAAN KAB.PAKPAK BHARAT T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 114522314014 JUDUL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2 NIM. 114522314014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
3 NIM. 114522314014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4 NIM. 114522314014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5 NIM. 114522314014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6 NIM. 114522314014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7 NIM. 114522314014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8 NIM. 114522314014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9 NIM. 114522314014 BAB I.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
13 NIM. 114522314014 BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14 NIM. 114522314014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam Penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan
Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan minat
belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan mendengarkan
teks Bacaan kelas IV SD Negeri Tanjung Rahu Kec Kerajaan Kab Pakpak
Bharat? Pada materi membaca teks tentang cerita dongeng, mereka tidak merasa
tertarik karena mereka bukan sebagai pemeran dalam teks cerita tersebut. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan MetodePembelajaran Berdasarkan masalah
yang di hadapi.
Dari latar belakang yang ada maka Peneliti mengangkat permasalah
yaitu: Apakah dengan menggunakan ModelPenerapan Pembelajaran Contextual
Teaching Learning (CTL) dalam meningkatkan Minat Belajar siswa Pada
mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Mendengarkan Teks Bacaan di
kelas IV SD Negeri Tanjung Rahu Kec Kerajaan Kab Pakpak Bharat. Dalam
pengumpulan data penelitian menggunakan metode Test dan Observasi. Tes
dilakukan setelah Proses Belajar Mengajarselesai. Metode Observasi
dilaksanakan selama Proses Belajar Mengajar sedang berlangsung. Pada
pelaksanaan penelitian ini, peneliti menggunakan data kelas IV yang berjumlah
26 orang siswa. Peneliti menggunakan 2 siklus dalam penelitian tersebut.
Jumlah Siswa yang tuntas Belajar pada saat pretest 4 orang atau
ketuntasan klasikalnya 15,38 % dengan Nilai rata- rata 58,27. Pada saat Pos test
di siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 11 orang atau ketutasanya
secara klasikalnya 42,31 % dengan Nilai rata- rata 67,12. Namun karena masih
belum mencapai rata-rata ketuntasan secara klasikal, yaitu sebanyak 70% maka
perlu dilanjutkan ke siklus ke II. Pada postest siklus II siswa yang tuntas adalah
sebanyak 22 orang atau ketuntasan secara klasikalnya sebesar 84,62% dengan
nilai rata-ratanya adalah 77,69. Ini menunjukkan bahwa siswa telah tuntas
secara klasikal.
Maka penulis menyimpulkan bahwa dengan penerapan Model
Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan minat
belajar siswa Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan
Mendengarkan teks Bacaan di Kelas IV SD Negeri Tanjung Rahu Kec kerajaan
kab Pakpak Bharat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 212 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Bahasa Indonesia; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 09:41 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 09:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21560 |