UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MENDENGARKAN TEKS BACAAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI KELAS IV SD NEGERI TANJUNG RAHU KEC.KERAJAAN KAB.PAKPAK BHARAT T.P 2015/2016

Sebayang, Andelta (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MENDENGARKAN TEKS BACAAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI KELAS IV SD NEGERI TANJUNG RAHU KEC.KERAJAAN KAB.PAKPAK BHARAT T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 114522314014 JUDUL.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 114522314014 JUDUL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 114522314014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 114522314014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (746kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 114522314014 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 114522314014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 114522314014 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 114522314014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 114522314014 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 114522314014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 114522314014 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 114522314014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 114522314014 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 114522314014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 114522314014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 114522314014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 114522314014 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 114522314014 BAB I.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 114522314014 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 114522314014 BAB V.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 114522314014 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 114522314014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam Penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan
Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan minat
belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan mendengarkan
teks Bacaan kelas IV SD Negeri Tanjung Rahu Kec Kerajaan Kab Pakpak
Bharat? Pada materi membaca teks tentang cerita dongeng, mereka tidak merasa
tertarik karena mereka bukan sebagai pemeran dalam teks cerita tersebut. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan MetodePembelajaran Berdasarkan masalah
yang di hadapi.
Dari latar belakang yang ada maka Peneliti mengangkat permasalah
yaitu: Apakah dengan menggunakan ModelPenerapan Pembelajaran Contextual
Teaching Learning (CTL) dalam meningkatkan Minat Belajar siswa Pada
mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Mendengarkan Teks Bacaan di
kelas IV SD Negeri Tanjung Rahu Kec Kerajaan Kab Pakpak Bharat. Dalam
pengumpulan data penelitian menggunakan metode Test dan Observasi. Tes
dilakukan setelah Proses Belajar Mengajarselesai. Metode Observasi
dilaksanakan selama Proses Belajar Mengajar sedang berlangsung. Pada
pelaksanaan penelitian ini, peneliti menggunakan data kelas IV yang berjumlah
26 orang siswa. Peneliti menggunakan 2 siklus dalam penelitian tersebut.
Jumlah Siswa yang tuntas Belajar pada saat pretest 4 orang atau
ketuntasan klasikalnya 15,38 % dengan Nilai rata- rata 58,27. Pada saat Pos test
di siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 11 orang atau ketutasanya
secara klasikalnya 42,31 % dengan Nilai rata- rata 67,12. Namun karena masih
belum mencapai rata-rata ketuntasan secara klasikal, yaitu sebanyak 70% maka
perlu dilanjutkan ke siklus ke II. Pada postest siklus II siswa yang tuntas adalah
sebanyak 22 orang atau ketuntasan secara klasikalnya sebesar 84,62% dengan
nilai rata-ratanya adalah 77,69. Ini menunjukkan bahwa siswa telah tuntas
secara klasikal.
Maka penulis menyimpulkan bahwa dengan penerapan Model
Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan minat
belajar siswa Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan
Mendengarkan teks Bacaan di Kelas IV SD Negeri Tanjung Rahu Kec kerajaan
kab Pakpak Bharat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 212
Keywords: Model Pembelajaran; Bahasa Indonesia; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 09:41
Last Modified: 17 Nov 2016 09:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21560

Actions (login required)

View Item
View Item