Dewi, Silvia Mutiara (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE DI KELAS IV SD NEGERI NO. 105291 SAENTIS TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1123311071 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
02. NIM 1123311071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
03. NIM 1123311071 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
04. NIM 1123311071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
05. NIM 1123311071. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
06. NIM 1123311071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
07. NIM 1123311071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. NIM 1123311071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
09. NIM 1123311071 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10.NIM 1123311071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
11.NIM 1123311071 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
15.NIM 1123311071 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
16. NIM 1123311071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi panas di kelas IV SD Negeri No.105291 Saentis Tahun Ajaran 2015/2016
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SD Negeri No.105291 Saentis Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap awal (Pre Test) terdapat 4 orang siswa yang mencapai nilai ketuntasan atau 13,8% dan 25 orang siswa yang tidak mencapai ketuntasan atau 86,2% dengan rata-rata nilai kelas 48,10. Setelah pemberian tindakan melalui penerapan model pembelajaran Word Square pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar yaitu terdapat 17 orang siswa yang tuntas atau 58,6% dan 12 orang yang tidak mencapai ketuntasan atau 41,4% dengan rata-rata kelas 63,44. Kemudian pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar yaitu terdapat 27 orang siswa yang mencapai ketuntasan atau 96,5% dan 2 orang siswa yang tidak mencapai ketuntasan atau 3,5% dengan rata-rata kelas 75,34.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada energi panas di kelas IV SD Negeri No.105291 Saentis Tahun ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 202 |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Model Word Square;IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 09:33 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 09:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21559 |