Sembiring, Rusti (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STOP THINK DO DI KELAS IV SD NEGERI 173461 ONAN GANJANG KECAMATAN ONAN GANJANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173461 Onan Ganjag Kecamatan
Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan, jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode stop think do dalam
pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode
stop think do dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sfat operasi
hitung di kelas IV SD Negeri 173461 Onan Ganjang kecamatan Onan Ganjang
Kabupaten Humbang Hasundutan.
Dari penelitian yang dilaksanakan diproleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre test, rata-rata kelas
yang diproleh siswa sebanyak 55,38 dari 13 orang siswa, dimana 4 siswa
(30,77%) memproleh ketuntasan dan 9 siswa (69,23%) yang belum tuntas. Pada
siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 63,84 dimana 7 siswa (53,85%)
memproleh ketuntasan, 6 siswa (46,15%) yang belum tuntas dan nilai observasi
aktivitas siswa dibawah 85% kategori penilaian baik secara klasikal. Pada siklus II
rata-rata siswa yang meningkat 80,38 dimana 11 siswa (84,62%) memproleh
ketuntasan, 2 siswa (15,38%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas
siswa diatas 85% kategori penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan
ketuntasan secara klasikal yang diproleh siswa dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran stop think do dapat meningkatkan hasil belajar
siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 249 |
Keywords: | Hasil Belajar; Stop Think Do;Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 09:04 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21553 |