Sihotang, Change (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173492 AEK SONGSONG KECAMATAN PARLILITAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan data awal di SD Negeri 173492 Aeksongsang ditemukan
berbagai masalah dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV antara lain:
didalam pembelajaran guru menggunakan metode tidak sesuai dengan materi.
Sehingga mengolah kelas kuarang optimal yang menjadikan siswa tidak aktif,
kuarang antusias, bahkan siswa tidak menguasai konsep IPA. Faktor tersebut
mengakibatkan pada hasil belajar siswa rendah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Penelitian menggunakan metode demonstrasi berbasis
lingkungan. Penelitian dilakukan di SD N 173492 Aeksongsang dengan subjek
penelitian kelas IV dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari11perempuan dan 9 lakilaki.
Variabel yang digunakan adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil
belajar siswa. Sumber data berasal dari guru, foto, dan instrumen yang digunakan
adalah observasi dan catatanlapangan.
Hasil penelitian menunjukan keterampilan guru siklus I memperoleh skor
49 dengan kreteria cukup, Siklus II memperoleh skor 78.5 dengan kreteria baik,
dan siklus III memperoleh skor 30 dengan kreteria sangat baik. Aktivitas siswa
pada siklus I mendapat skor 17 dengan kreteria cukup, siklus II mendapat skor 23
dengan kreteria baik, dan siklus III mendapat skor 28 dengan kreteria sangat baik.
Hasil belajar siswa setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan
klasikal 58%, siklus II ketuntasan klasikal 76%, dan pada siklus III menigkat
menjadi ketuntasan klasikal 85%.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA
melalui metodede monstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 173492
Aeksongsang Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan T.P.
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 244 |
Keywords: | Metode Pembelajaran; Sains; Sifat Benda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 07:50 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21542 |