Gultom, Rianto (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI PADA KELAS IV SD NEGERI 173514 SIANTAR KEC. TARABINTANG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada
mata pelajaran IPA. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
minat belajar siswa pada pelajaran IPA.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) Subjek didalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 173514 Siantar, yang terdiri dari
siswa laki-laki 20 orang dan siswa perempuan 17 orang. Penelitian ini terdiri dari
2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah menggunakan lembar obervasi dengan instrumen lembar obervasi dan
lembar angket.
Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar setelah
dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata yang diperoleh
siswa sebanyak 54,10 % dari 37 orang siswa. Pada siklus I meningkat menjadi
57,56 % da kembali meningkat pada siklus II 69,40 %. Sebelum diberikan
tindakan pengetahuan awal tingkat ketuntasan yang dicapai siswa secara klasikal
adalah sebesar 16,22 % ( belum tuntas ), setelah dilakukan tindakan pada siklus I
diperoleh hasil belajar secara klasikal sebesar 55% yang diperoleh dari ketuntasan
angket. Selanjutnya dari hasil tes siklus II sebagai bentuk perbaikan dari siklus I
diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 72.90 % yang
berarti telah mencapai keberhasilan atau dengan kata lain siklus II siswa secara
klasikal sudah mencapai ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
demonstrasi dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat hasil belajar
siswa kelas IV SD Negeri 173514 Siantar T.P. 2015/2016. Pada pembelajaran Imu
Pengetahuan Alam (IPA).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 279 |
Keywords: | Hasil Belajar;Penerapan;Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 07:21 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21536 |