Ernawati, Eli (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 173490 SIMBARA KEC. TARABINTANG KAB. HUMBAHAS HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa belajar dengan
model Contextual Teaching and Learning(CTL) pada mata pelajaran IPA siswa
kelas IV SDNegeri 173490 Simbara dengan model CTL.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas.
Subjek penelitian ini sebanyak 20 siswa. Obyek penelitian dalam penelitian ini
adalah penggunaan metode CTL untuk meningkatkan minat siswa kelas IV SD
Negeri 173490 Simbara. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket,
observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu instrument angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu teknik deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan penerapan pembelajaran berdasarkan siklus I dansiklus II
disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual yang diterapkan dalam
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV SD Negeri 173490
Simbara dapat meningkatkan minat belajar belajar siswa belajar dalam IPA. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat yaitu siklus I minat siswa
hanya 45 dinyatakan berminat tinggi dari 20% yang berminat tinggi sebelum
diadakan tindakan, kemudian pada pelaksanaan siklus II peningkatan minat
belajar siswa menjadi 75% siswa digolongkan pada taraf minat tinggi. Ini
membuktikanbahwapendekatanPembelajaran Contextual Teaching and
Lerning/CTL dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di
kelas IV SD Negeri 173490 Simbara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 254 |
Keywords: | Minat; Pembelajaran;Tindakan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 07:17 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21535 |